Cara Ampuh Atasi Rambut Rontok dan Kebotakan

Posting Komentar


Tidak hanya pria wanita pun akan mengalami kebotakan, itu kenapa ya? terus bagaimana cara mencegahnya? Ini sepertinya menjadi masalah untuk semua orang ya.. Bagaimana cara mengatasinya ? Penasaran ? Yuk simak artikel berikut ini sampai selesai sobat.


Faktor usia pria dengan usia 40 tahun ke atas cenderung mengalami rambut rontok, Fakta atau Mitos ? Jawabannya adalah Fakta.

Pertumbuhan usia bisa terjadi pada pria maupun wanita karena penyebab genetik atau hormonal, cuma memang pada pria fase pertumbuhan rambut yang adalah anagen itu pria karena hormon testoteronnya jadi lebih pendek. Otomatis cenderung lebih mempercepat kerontokan rambut tersebut.

Tapi sebenarnya pun wanita tidak luput dari penyebab hormonal tadi tapi biasanya pria cenderung lebih cepat dari pada wanita. Karena fase pertumbuhan rambut yang tadi itu.


Apakah rambut rontok dan kebotakan ini dapat dicegah dengan rutin mengkonsumsi makanan yang berprotein tinggi? Jawabannya iya benar ini adalah fakta, Cara Ampuh Atasi Rambut Rontok dan Kebotakan ini dengan rutin mengkonsumsi makanan berprotein tinggi.

Ada yang namanya Keratin, Keratin ini adalah zat penyusun dasar dari pembentukan rambut. Keratin ini adalah kelompok protein untuk menyehatkan rambut dan mencegah kerontokan. Kira-kira apa saja bentuk makanan ini ?

Bentuknya asupan protein dari luar untuk memperkaya keratin ini seperti protein tahu, tempe, telur, ikan, kacang. Sebenarnya yang kita makan sehari-hari ini kaya akan protein otomatis memperkaya keratin, keratin ini salah satu materi penyusun dasar dari rambut tersebut.

Berapa banyak yang harus kita konsumsi ? Sebanyak-banyaknya sobat, jadi makan tiga kali sehari tapi kalau kalian mengalami problem rontok 50-100 perhari itu normal. Tapi kalau lebih dari itu maka itu tidak normal, itu sebuah tanda bahaya, jadi memperkaya makanan protein ini itu sangat penting.

Dengan rutin mengkonsumsi makanan berprotein tinggi dapat mencegah dan mengobati masalah rambut rontok dan kebotakan. Karena itu tadi keratin ini adalah kelompok protein jadi pentingnya untuk asupan protein dari luar otomatis dia mencegah sekaligus memperkaya keratin otomatis mengobati juga.

Berapa lama bisa mulai tumbuh kembali setelah mengkonsumsi makanan berprotein tinggi ini?

Jadi rambut ini ada 3 fase, ada fase pertumbuhan atau Anagen itu kurang lebih 2 sampai 6 tahun. Lalu ada fase transisi namanya Catagen itu cuma 2 sampai 4 minggu kurang lebih. Terus ada fase istirahat namanya Talogen itu kurang lebih 100 hari atau 3 bulan.

Jadi itu proses pertumbuhan rambut, tiap rambut itu tidak sama fase pertumbuhan rambutnya setiap rambut akan beda-beda, kurang lebih dalam fase terakhir 20-30% otomatis 50 sampai 100 helai rambut yang rontok itu normal.


Kita sering mendengar katanya Cara Ampuh Atasi Rambut Rontok dan Kebotakan dengan penggunaan lidah buaya (Aloe Vera) dan juga minyak kemiri ini bisa mencegah rambut rontok, apakah ini fakta atau mitos? Jawabannya adalah Fakta.

Jadi sebenarnya ada hal yang bisa kita dapat setiap hari yang treatment setiap hari yang bisa mencegah kerontokan rambut, seperti halnya lidah buaya (Aloe Vera) dan minyak kemiri ini.

Kenapa? Karena lidah buaya (Aloe Vera) ataupun minyak kemiri banyak terdapat asam amino. Asam amino ini kita ketahui bersama adalah salah satu kumpulan yang membentuk protein, protein tadi berpengaruh pada keratin, keratin ini adalah materi dasar dari pembentukan rambut jadi sangat berpengaruh.

Cara Penggunaan Lidah Buaya (Aloe Vera) dan Minyak Kemiri

Jadi lidah buaya (Aloe Vera) minyak kemiri ini bisa mencegah kerontokan atau merangsang pertumbuhan, which is bisa dioleskan keseluruh rambut atau keseluruh kepala pagi dan malam yang terpenting dicuci dahulu baru dioleskan.

Sehabis keramas dicuci bersih dalam kondisi basah ataupun kering yang penting sudah dibersihkan dahulu supaya kulit matinya terangkat lalu dioleskan secara merata sambil dipijat kurang lebih 5 menit setelah itu dibersihkan. Ini bisa dilakukan setiap hari setiap pagi dan malam.


Penyebab kerontokan rambut ada banyak penyebabnya, ada genetik, ada usia, ada hormonal, ada kekurangan gizi ini biasanya dari dalam yang dari luar biasanya psikis, contohnya banyak pikiran, sering tidur larut, dan dari luar itu adalah lifestyle seperti cat rambut, sering mencatok rambut, atau sering kena radikal bebas. Seringnya mengikat rambut juga bisa menyebabkan rontoknya rambut loh sobat.

Itulah yang menyebabkan kerontokan rambut, tapi biasanya memang pria dengan usia 40 tahun dan karena pengaruh dari hormon juga bisa memperpendek siklus pertumbuhan rambut. Selain mengkonsumsi makanan berprotein tinggi juga sangat penting mengkonsumsi makanan dengan antioksidan tinggi.

Antioksidan biasanya terdapat dalam buah-buahan atau sayur-sayuran. Biasanya vitamin paling kaya akan antioksidan adalah vitamin C dan E. Otomatis antioksidan adalah antiradikal bebas. Yaitu mencegah otomatis menjadi perlindungan bagi rambut untuk mencegah kerontokan rambut. Contohnya seperti anggur, jeruk, apel, wortel, bayam, tomat, dan juga kacang-kacangan.


Apakah sering keramas dapat membuat rambut rontok ? Tergantung pemilihan shampo yang tepat sesuai tipe rambut, mestinya kalau keramas setiap hari itu wajar karena untuk mengangkat kotoran maupun kulit mati dikepala jadi ini bukanlah salah satu penyebab kerontokan rambut asal dengan shampo yang cocok sesuai dengan rambutnya.

Apalagi yang memiliki kulit berminyak otomatis kulit rambut lebih berminyak mudah menghasilkan sel kulit mati, menutupi pori-pori atau folikel rambut otomatis tidak memperlancar pertumbuhan rambut. Jadi pentingnya juga untuk shampo, dan shampo pada waktu keramas itu harus sering dipijat supaya kulit matinya juga ikut terangkat. Jadi jika kalian keramas setiap hari itu tidak masalah ya sobat.


Ada yang mengatakan bahwa kebotakan yang disebabkan karena faktor genetik tidak dapat diatasi atau disembuhkan. Good news nya adalah mitos ya sobat, seiring perkembangan teknologi secara umum genetik ini adalah salah satu dari penyebab kerontokan rambut diantara penyebab-penyebab yang tadi. Walaupun ada penyebab apapun kerontokan atau kebotakan rambut bisa dicegah bisa diakali dan bisa dirawat.

Nah ini obatnya apa ya? Sama seperti tadi yang sudah kita bahas ya sobat dengan mengkonsumsi makanan berprotein dan antioksidan tinggi juga dengan Aloe vera atau dengan minyak kemiri. Tetapi misalnya kalian memang sudah mengalami kebotakan yan cukup parah atau alopecia dalam hasa kedokteran, itu membutuhkan treatment khusus. Biasanya kalau di klinik dengan laser atau Bio Stem Cell.


Oke itu dia Cara Ampuh Atasi Rambut Rontok dan Kebotakan, dengan adanya artikel ini semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua..

Cintai rambutmu dengan lifestyle yang baik..

Related Posts

Posting Komentar