Cara Mudah Beriklan Di Facebook Ads

Posting Komentar

Facebook ialah platform media sosial dengan miliyaran pengguna aktif diseluruh dunia setiap bulannya. Ini adalah kesempatan yang bagus untuk para marketer buat mempromosikan bisnis mereka di Facebook. Pada artikel ini kalian bakal membahas tentang bagaimana Cara Mudah Beriklan Di Facebook Ads secara lengkap.

Apa sih Facebook Ads itu ?


Facebook Ads merupakan fitur yang ada di Facebbok yang ditawarkan oleh Facebook untuk beriklan atau mempromosikan bisnis dengan para pengguna Facebook .


Keuntungan Memakai Facebook Ads


Terdapat banyak keuntungan dari memakai Facebook Ads, berikut beberapa diantaranya ialah :

  • Dapat Menyesuaikan Budget

Budget ialah salah satu aspek yang sangat penting buat bisnis kalian. Lewat Facebook Ads, kalian bisa mengendalikan budget yang cocok buat iklan kalian. Facebook Ads ataupun iklan digital yang lain biasanya lebih murah dibandingkan dengan iklan konvensional .

  • Penargetan yang Efektif

Iklan yang kalian buat di Facebook bisa disesuaikan dengan sasaran bisnis kalian. Mulai dari informasi umur, tipe kelamin, lokasi, ketertarikan dan lain sebagainya bisa kalian tentukan. Hal ini bakal membuat iklan kalian lebih efisien sebab cocok dengan target pasar yang lebih spesifik .

  • Jangkauan Sasaran yang Luas

Lebih dari 150 juta pengguna di Facebook di Indonesia paling tidak bisa kalian jangkau dari iklan. Lupakan batas lokasi guna meningkatkan bisnis kalian. Dengan beriklan secara digital, kalian berpeluang buat menjangkau seluruh lokasi, apalagi seluruh dunia .

  • Analisa Lanjutan

Data yang didapatkan dari hasil iklan itu sangat penting. Mulai dari impresi, jangkauan, CTR, conversion rate, serta lainnya guna kalian analisa lebih lanjut. Kalian pun bisa mengukur keberhasilan dari kampanye iklan kalian. Tentukan metode yang efisien dan yang tidak buat kampanye iklan kalian selanjutnya .

  • Menaikkan Brand Awareness

Pengguna Facebook rata-rata mengecek beranda mereka beberapa kali hampir setiap harinya. Inilah kesempatan supaya sasaran pasarmu dapat kesekian kali menerima uraian maupun exposure iklan yang telah kalian pasang. Apalagi bila audiens kalian tidak tertarik di awal, iklan tersebut dapat berpotensi menolong kamu membangun keyakinan dengan membiarkan iklan tersebut senantiasa tayang dalam jangka waktu yang lebih lama .

poin-poin diatas adalah sebagian dari banyak keuntungan yang ada. Bila kalian telah percaya buat memakai Facebook Ads, Yuk simak Cara Mudah Beriklan Di Facebook Ads pada artikel berikut ini.


1. Membuat Facebook Page


Nah hal pertama yang kalian butuhkan untuk bisa beriklan di Facebook Ads yaitu adalah Fanspage dikenal juga dengan Facebook Page atau Halaman Facebook. Facebook Page ini adalah identitas kita ketika iklan tampil, dimana 1 Facebook Profile (Facebook Pribadi) bisa mempunyai beberapa Facebook Page.

Bagaimana sih caranya membuat Fanspage agar kita bisa segera beriklan di Facebook Ads? Caranya sangat mudah, Login ke Facebook kemudian kalian klik tombol Halaman kemudian buat Halaman Baru. Pilih yang sesuai dengan Bisnis kalian.

Kalau Bisnis kalian tentang produk pilih Bisnis atau Merek, tapi kalau halaman kalian isinya sebuah komunitas pilih Komunitas atau Tokoh Masyarakat.

Lengkapi informasi yang dibutuhkan sesuai dengan kebutuhan kalian dan ikuti step-stepnya sampai selesai. Jika sudah membuat Fanspage maka kalian sudah siap untuk langkah selanjutnya adalah memulai beriklan di Facebook Ads.


2. Menyiapkan atau Membuat Akun Iklan


Langkah Cara Mudah Beriklan Di Facebook Ads selanjutnya adalah membuat akun iklan. Akun iklan ini adalah akun yang kita gunakan untuk mengatur iklan kita, Akun iklan ini terbagi 2 yang pertama Akun Iklan Personal dan yang kedua Business Manager. Diantara kedua akun ini ada beberapa perbedaan yang perlu anda ketahui sebelum mulai beriklan.

Akun Personal 

  • Jumlah Akun Iklannya hanya 1 tidak bisa lebih
  • Pembayaran Transfer Bank
  • Jumlah Pixel 1
  • Tidak bisa share data Pixel

Business Manager

  • Jumlah Akun Iklannya lebih dari 1
  • Pembayaran Wajib Pakai Kartu Debit / Kredit
  • Jumlah Pixel Banyak
  • Bisa share data Pixel

Untuk membuat iklan kalaian masuk ke halaman Facebook Ads Manager lalu pilih Setup Account atau Setting Akun Iklan disini adalah menentukan mata uang, zona waktu, dan wilayah. Untuk akun Business Manager kalian bisa masuk dari menu Business Suite.

Hal yang perlu kalian siapkan di Business Manager ini yang pertama adalah baian Payment atau Pembayaran. Pastikan kalian sudah mempunyai Kartu Debit / Kredit untuk metode pembayarannya. Kemudian setelah membuat metode pembayaran kalian buat halaman, kalian hubungkan dengan halaman yang sudah dibuat.


3. Setting Metode Pembayaran


Langkah ketiga Cara Mudah Beriklan Di Facebok Ads yaitu Setting Metode Pembayaran. Pertama masuk ke akun iklan terlebih dahulu lalu masuk ke menu Billing atau Tagihan, sebelum anda beriklan untuk akun personal kalian harus memiliki saldo terlebih dahulu.

Salah satu perbedaan akun Personal dan Business Manager adalah akun Personal kita wajib mengisi saldo terlebih dahulu, Caranya masuk ke Payment Setting kemudian Add Money lalu pilih Bank Transfer atau tambahkan Kartu Debit/Kredit bila punya dan masukan nominal saldo yang ingin kalian isi.

Untuk Business Manager itu kalian boleh iklan dahulu baru kemudian saldonya dipotong belakangan, Caranya masuk ke Business Setting kemudian kalian tambahkan Kartu Debit/Kredit. Untuk Business Manager kalian Wajib menggunakan Kartu tidak bisa menggunakan Bank Transfer. Kalian tidak perlu isi saldo, iklan dapat berjalan terlebih dahulu baru kemudian saldo Kartu kalian terpotong dan biasanya limit awalnya itu sekitar Rp.25.000.


4. Optimasi Business Manager


Langkah keempat Cara Mudah Beriklan Di Facebook Ads yaitu Optimasi Business Manager agar Business Manager kalian berjalan dengan optimal. Pertama kita masuk dahulu ke halaman Business Manager kemudian kalian pilih Business Manager yang ingin kalian optimasi.

Masuk ke Setting kemudian tambahkan Admin cadangan di bagian User, ini untuk menjaga-jaga saja jika ada sesuatu pada akun Facebook kalian. Setelah menambahkan Admin cadangan kita bisa tambahkan halaman, akun baru, dan metode pembayaran.


5. Setting Mindset dan Budget


Pada langkah kelima Cara Mudah Beriklan Di Facebook Ads ini adalah Mensetting Mindset dan Budget. Hal ini masih banyak diabaikan oleh banyak pengiklan dimana mereka sudah tahu hal-hal teknis tentang Facebook Ads namun mereka melupakan hal Mindset dan Budget. Padahal Mindset dan Budget ini sangat penting dan sangat menentukan iklan kita berhasil atau tidak.

Mari kita bahas pertama tentang Mindset.

  • Cepat Tapi Bukan Instant

Mindset pertama yang perlu kalian pahami dan camkan pada diri kalian Facebook Ads maupun internet marketing lainnya itu Cepat tapi bukan Instant. Sebagian orang masih menganggap Facebook Ads itu dianggap Instant. Padahal Cepat dan Instant itu berbeda, Cepat itu waktunya relatif singkat tapi tetap butuh proses. Kalau Instant hari ini Iklan hari ini juga Untung.

Padahal Facebook Ads itu memang Cepat tapi bukan Instant atau bukan jalur khusus untuk mendapat keuntungan dengan cepat. Jadi perlu diingat baik-baik Cepat tapi bukan Instant.

  • Bukan Bakar Duit, Tapi Kumpulkan Data

Kebanyakan beredar dikalangan pengiklan kalau di Facebook Ads kita perlu Bakar Duit dulu, Nah ini yang perlu diperbaiki Mindsetnya bukan Bakar Duit Tapi Kumpulkan Data. Berhubungan dengan Mindset pertama diawal pertama kali kita beriklan di Facebook Ads itu wajar kalau belum ada closing sama sekali karena kita mengumpulkan data terlebih dahulu.

  • Buang Mental Gratisan

Buang jauh-jauh mental gratisan kalian, karena Facebook Ads memang berbayar jadi kalau mau gratisan jangan menggunakan Facebook Ads.

  • Boleh Part Time, Tapi Harus Sepenuh Hati

Kalian bisa cek iklan kalian sekali sehari tapi harus sepenuh hati, kalian harus fokus melihat data hasil iklan yang sudah kalian jalankan.

  • Iklan Facebook Ads Untuk Mendatangkan Traffic

Iklan di Facebook Ads tujuan utamanya adalah mendatangkan traffic sebanyak-banyaknya ke bisnis kalian. Maksudnya adalah mendatangkan pengunjung yang tertarget, kebanyakan orang mengira langsung untung padahal keuntungan didapat dari closing atau penjualan.

  • Bila Iklan Ditolak atau Di Banned itu "Wajar"
  • Fokus Pada SOLUSI

Selanjutnya adalah Budget

  • Minimal Rp.25.000 Per Hari
  • Sediakan Budget Sebelum Beriklan
  • Minimal Iklan Jalan 4 Hari


6. Memilih Marketing Objective (CAMPAIGN)


Langkah keenam Cara Mudah Beriklan Di Facebook Ads adalah Memilih Marketing Objective (CAMPAIGN). Masuk ke Business Manager setelah itu pilih Business Manager yang akan kalian pakai buka tab Kampanye setelah itu klik +Buat .

Sesudah itu kalian akan tampil  halaman seperti ini :

Tentukan tujuan iklan yang mau kalian capai. Tujuan iklan Facebook dipecah jadi 3 jenis berbeda. Awarenes, Pertimbangan, serta Konversi .


Awareness

  • Awarness merek : Tujuannya adalah menaikkan awareness merek bisnis kalian serta menjangkau orang-orang yang bisa jadi tertarik dengan produk yang kalian punya.
  • Jangkauan ( reach ) : Menampilkan iklan sebanyak mungkin sesuai dengan target yang sudah kalaian tetapkan .

Pertimbangan / Consideration

  • Lalu Lintas Kunjungan : Bertujuan buat mengirim traffic yang mengarah ke web ataupun aplikasi kalian .
  • Interaksi : Bertujuan buat memperoleh interaksi pada suatu postingan. Contohnya : Likes, komentar, ataupun tanggapan .
  • Pemasangan aplikasi : Bertujuan agar target kalian memasang atau menginstal aplikasi yang kalian miliki.
  • Penayangan video : Bertujuan agar target kalian menyaksikan atau menonton video yang kalian promosikan .
  • Pembuatan prospek : Memperoleh leads, contohnya alamat email, buat orang yang tertarik dengan bisnis kalian.
  • Pesan : Mengajak orang - orang buat mengirim pesan kepada kalian.

Konversi / Conversion

  • Konversi : Bertujuan buat menciptakan konversi / penjualan pada website kalian ( Buat mengaplikasikan tracking konversi kalian membutuhkan Facebook Pixel).
  • Penjualan Katalog : Menunjukkan iklan mengenai katalog produk kalian.
  • Kunjungan Toko : Bertujuan buat mengajak orang-orang mendatangi toko offline kalian .

Beberapa hal di atas ialah uraian dari tiap-tiap tujuan campaign iklan. Pilihlah yang cocok dengan tujuan bisnis kalian. 


7. Setting Ad Set / Set Iklan

  • Anggaran serta Jadwal

Tentukan jumlah anggaran. Kalian dapat memilah antara Anggaran Setiap hari ataupun Anggaran Selama Masa Promosi. Tentukan pula tanggal mulai serta berakhirnya .

  • Pemirsa / Audience

Tentukan sasaran audiens yang kalian tuju bersumber pada lokasi, umur, tipe kelamin, serta penargetan terperinci lain semacam demografi, ketertarikan, ataupun behavior mereka di media sosial .

  • Pemirsa Khusus

Pakai pemirsa spesial buat menjangkau target kalian yang telah sempat berhubungan dengan bisnis kalian. Contohnya : target kalian yang telah sempat mendatangi website kalian .

Metode ini bisa juga dikatakan strategi remarketing, ialah pada saat kalian menargetkan iklan kepada audiens yang telah mempunyai ketertarikan pada bisnis kalian serta berpotensi mempunyai nilai konversi yang lebih besar .


Ads / Iklan


Langkah terakhir Cara Mudah Beriklan Di Facebook Ads adalah dengan Setting Ads atau Iklan kalian. Isikan Nama Iklan kalian serta Identitas Halaman Facebook serta Akun Instagram kalian .

Penyiapan Iklan. Pilih Buat Iklan serta format yang di idamkan. Pada contoh kali ini kita hendak memilih Gambar Tunggal .

Materi Iklan. Pilih foto ataupun video yang di idamkan. Jangan lupa perhatikan juga saran spesifikasi foto atau gambar yang cocok dari Facebook. Foto atau gambar yang memiliki terlalu banyak variasi teks bisa mengalami penyusutan penayangan bahkan tidak bisa ditampilkan lagi sama sekali. Kalian bisa mengecek terlebih dahulu, foto atau gambar apa yang hendak kalian pakai di pemeriksaan teks foto atau gambar Facebook .

Tentukan pula destinasi yang dituju, bisa berbentuk web ataupun Facebook Event, kemudian kalian pilih tombol Call-to-Action ( CTA ) yang cocok. Contoh : Lihat Selengkapnya, Buy Now, dan lain sebagainya.

Selesai ! Saat ini iklan kalian siap buat diterbitkan .


Nyatanya, tidak susah ya untuk memahami metode Cara Mudah Beriklan Di Facebook ? Pemakaian iklan pada Facebook Ads pastinya akan optimal bila kalian mempunyai web yang cepat, serta senantiasa bisa diandalkan !

Mudah-mudahan kalian bisa meningkatkan bisnis kalian dengan panduan Cara Mudah Beriklan Di Facebook Ads ini ya sobat. Selamat mencoba, Sukses selalu sobat ~

Related Posts

Posting Komentar